Kamis, 09 Februari 2023 | 17:57:25 WIB | Dibaca : 770 Kali

Wakil Bupati H. Bagus Santoso Ikuti Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023

Editor : Darmawanto, S.Ag - Reporter : Imam Achmadi, A.Md - Fotografer : Imam Achmadi, A.Md
Wakil Bupati H. Bagus Santoso Ikuti Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 Teks foto: Wakil Bupati H. Bagus Santoso Ikuti Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023

PEKANBARU - Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso menghadiri acara Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting dan Rakerda Program Bangga Kencana Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023, Kamis 9 Februari 2023, di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Acara tersebut dibuka Wakil Gubernur Provinsi Riau Birgen TNI (Purn) Edy Natar Nasution ditandai dengan pemukulan gong. Dengan mengusung tema “Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Melalui Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting dan Pencapaian Program Bangga Bencana”.

Selain Wabup Bengkalis kegitan tersebut juga diikuti Wakil Kepala Daerah Kabupaten/kota se-Provinsi Riau selaku Ketua Pelaksana Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS).

Bagus menjelaskan, pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi para pemangku kepentingan di Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta para mitra dalam percepatan pencapaian Sasaran Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Bengkalis.

“Sebagai bentuk komitmen penurunan stunting, maka Pemerintah Kabupaten telah menerbitkan Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 24 Tahun 2021 Tentang Peran Pemerintah Desa Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Terintegrasi,”terangnya.

Tidak hanya itu lanjutnya, lanjut Bagus Pemkab Bengkalis telah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Bengkalis Nomor 309/KPTS/III/2022 tentang TPPS Kabupaten Bengkalis.

“Alhamdulillah, sejak tahun 2021 hingga 2022 kita telah berhasil melakukan prevalansi stuting dari 21,9% menjadi 8.4% atau penrunan sebesar 13,5%. Ini merupakan perstasi yang sangat luar biasa, dan Kabupaten Bengkalis merupakan Kabupaaten dengan angka prevalensi stunting terendah di Provinsi Riau, ujar Bagus.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Bengkalis, Kepala Bappeda Rinto, Kepala Dinas Kesehatan dr. Ersan Syahputra, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Yesica Vebrina, Kepala Dinas Penendalian Penduduk dan KB diwakili Sekretaris Ediyanto, Jafung Penyuluh Keluarga Berencana Mirza Affendy dan Tenaga Asistensi Satgas Stunting Kabupaten Bengkalis Budi Santoso.#DISKOMINFOTIK.