Rabu, 01 Juli 2020 | 10:19:15 WIB | Dibaca : 178 Kali

DKP Bengkalis Teken MoU dengan Bulog dan Desa Berbasis Kemitraan

Editor : Darmawanto, S.Ag - Reporter : Ayu Erlina - Fotografer : Istimewa
DKP Bengkalis Teken MoU dengan Bulog dan Desa Berbasis Kemitraan Teks foto: DKP Bengkalis Teken MoU dengan Bulog dan Desa Berbasis Kemitraan

BENGKALIS – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) atau nota kesepahaman tentang penandatanganan kerjasama antara Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Bengkalis, Bumdes Desa Harapan Baru dan Desa Bathin Betuah Kecamatan Mandau, Selasa 30 Juni 2020, di aula Kantor Camat Mandau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Imam Hakim menjelaskan, kerjasama ini dilakukan tertuang dalam amanat UU No 18/2012 tentang pangan, bahwa pemerintah bersama rakyat bertanggung  jawab atas terwujudnya ketahanan pangan yang mantap.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis menginisiasi melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk membimbing Perbup sebagai payung hukum ditingkat kabupaten agar bisa terjadi kemitraan antara Bumdes dengan Bulog,”kata Imam Hakim

Tambah Imam Hakim, Melalui kegiatan kerjasama antara perum BULOG dan Bumdes yang dilaksanakan di kabupaten Bengkalis oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis bertujuan untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga. 

"Melalui program ini diharapkan agar masyarakat mendapatkan ketersediaan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas,serta bumdes sebagai mitra BULOG dapat membantu pedagang kecil/eceran diwilayah desa tersebut sehingga bumdes semakin berkembang dan masyarakat pun dapat memperoleh produk-produk bulog dengan harga terjangkau,"ungkap Imam Hakim.

“Jadi tujuan kerjasama ini guna memperdayakan setiap Badan Usahan Milik Desa (BUMDES) untuk menjaga serta memfasilitasi pagan di desa setempat,” ujar Kadis.

Jadi, tambah ImamHakim tugas Bumdes ini melakukan koordinasi dengan pihak Bulog Kabupaten Bengkalis, terhadap ketahanan pangan diwilayahnya masing-masing.

“Kami berharap lembaga ekonomi Bumdes dapat bekerjasama dengan baik bersama Bulog sehingga penyediaan pangan terhadap masyarakat menjadi lancar dan harganya bisa terjangkau oleh masyarakat, terlebih lagi dalam kondisi wabah covid-19 sekarang ini,” ujarnya.

Turut terlihat hadir Sekretaris DKP Surya Suhersi, Camat mandau Riki Rihardi, Sekcam mandau Muhammad  Rusydy,  Kepala Desa Harapan Baru Tarmin, Kepala Desa Bathin Betuah Prayetno, Direktur Bulog Harapan Baru Sukir dan Direktur Bulog Desa Bathin Betuah Rudisyam.  #DISKOMINFOTIK