Selasa, 24 Maret 2020 | 11:24:20 WIB | Dibaca : 2649 Kali

Pemilihan Anggota BPD Berjalan Sesuai Harapan Pemerintah Desa Resam Lapis

Editor : Rufi Ayeni, SH - Reporter : Haliyun Naim - Fotografer : Istimewa
Pemilihan Anggota BPD Berjalan Sesuai Harapan Pemerintah Desa Resam Lapis Teks foto: Kades Resam Lapis Junaidi

BANTAN - Warga Desa Resam Lapis Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis mengadakan Pemilihan Langsung dalam rangka pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2020-2026 Ahad, 22 Maret 2020.

Ketua panitia pemilihan BPD Tukirama mengatakan, sebagaimana keputusan musyawarah dan rapat desa bahwa pada pengisian BPD kali ini masyarakat sepakat dilakukan dengan cara pemilihan langsung yang dilaksanakan melalui perwakilan wilayah  dengan 3 wilayah sesuai dengan wilayah dusun di Desa Resam Lapis yakni sebanyak 4 orang dan melalui perwakilan perempuan sebanyak 1 orang.

Pada hasil Musyawarah Desa (Musdes) tersebut, dari  wilayah 1 Dusun Resam akan dipilih 2 orang, sedangkan wilayah 2 Dusun Penawa Lapis dan wilayah 3 Dusun Lapis Timur masing-masing akan dipilih sebanyak 1 orang. Dimana dalam penentuan ini berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing dusun. Sedangkan calon anggota BPD perwakilan perempuan hanya 1 orang calon wajib perempuan dan akan dipilih hanya oleh  perempuan di Desa Resam Lapis.

Pemilihan kali ini diselenggarakan dengan menempatkan Tempat Pemilihan Suara (TPS) ada di setiap dusun dan diambil suara terbanyak dari setiap dusun, jadi anggota yang akan terpilih berasal setiap dusun sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD.

Dari keterwakilan wilayah pemilihan, yang terjaring sebanyak 13 orang dengan rincian calon anggota BPD wilayah 1 sebanyak 5 calon, wilayah 2 sebanyak 5 orang dan Wilayah 3 sebanyak 3 orang. Sedangkan calon BPD dari perwakilan perempuan terjaring sebanyak 5 orang perempuan yang akan dipilih oleh hanya perempuan se-Desa Resam Lapis. 

Adapun jumlah pemilih  keseluruhan 1165 orang dengan rincian di Dusun Resam 477 pemilih, Dusun Penawa Lapis 310 pemilih dan Dusun Lapis Timur 378 pemilih.

Dari penghitungan suara setelah selesai pemungutan suara yang berlangsung sejak jam 07.30-13.30 WIB, diperoleh anggota BPD terpilih dari Wilayah 1 yakni Muhammad Nur dan Saryono, Wilayah 2  Tukiadi dan Wilayah 3 Edi Kurniawan. Sedangkan dari Keterwakilan Perempuan yaitu Vera Sasnita sebagaimana ditetapkan pada Rapat Pleno Penetapan calon anggota BPD Resam Lapis Periode 2020-2026 terpilih sekitar pukul 18.10 WIB di aula Kantor Desa Resam Lapis.

Kepala Desa Resam Lapis Junaidi berharap kepada calon anggota terpilih untuk bisa menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik. Juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

“Terimakasih kepada Panitia, KPPS, Peserta, Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan helat ini. Selamat kepada yang telah terpilih, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa Resam Lapis ke arah yang lebih baik dan bermarwah mulia di sisi Allah SWT bagi kesejahteraan warga masyarakat. Dan tetaplah memberi bakti terbaik kepada yang telah mencoba mendapatkan kepercayaan masyarakat lewat kontestasi namun belum terwujud sesuai yang saudara harapkan”  ujarnya. #DISKOMINFOTIK