Selasa, 10 Desember 2019 | 13:42:01 WIB | Dibaca : 228 Kali

Dispersip Gelar Rapat Pembentukan Galeri Arsip Kesejarahan

Editor : Rufi Ayeni, SH - Reporter : Liza Atina, S.I.Kom - Fotografer : Liza Atina, S.I.Kom
Dispersip Gelar Rapat Pembentukan Galeri Arsip Kesejarahan Teks foto: Kepala Dispersip H Suwarto didampingi Sejarawan Reza Pahlefi, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk H Zainudin Yusuf dan DPH LAMR Bengkalis diwakili Zian

BENGKALIS – Dalam rangka Penerimaan Dana Hibah Dokumentasi Kesejarahan Kabupaten Bengkalis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) menggelar Rapat Pembentukan Galeri Arsip Kesejarahan, di Ruang Kepala Disparsip Jalan Pertanian, Selasa, 10 Desember 2019.

Acara dipimpin Kepala Dispersip H Suwarto didampingi Sejarawan Reza Pahlefi, Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis Datuk H Zainudin Yusuf dan DPH LAMR Bengkalis diwakili Zian.

H Suwarto mengatakan, akan membentuk ruang  Galeri Arsip Kesejarahan baik itu sejarah kebudayaan, pemerintahan, adat dan pendirian Kabupaten Bengkalis hingga pemekaran Kabupaten Bengkalis berdasarkan dokumen, Foto, vidio serta kesaksian dari pelaku sejarah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan atas dukungan dan pastisipasinya. Kami sengaja mengundang rekan-rekan dinas yang terkait dengan kearsipan Daerah Kabupaten Bengkalis untuk mendukung supaya pembentukan Galeri Arsip Kesejarahan ini dapat terlaksana dengan baik,” ungkap orang nomor satu di Dispersip.

Pada kesempatan itu juga, H Suwarto mengajak masyarakat dan Perangkat Daerah untuk dapat berpatisipasi dalam mengumpukan barang bersejarah dan diserahkan ke Dispersip untuk diarsipkan serta sebagai pengetahuan generasi selanjutnya. 

Pada kesempatan itu, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) menyerahkan arsip berupa buku-buku dan DVD sejarah.

Selanjutnya, H Suwarto dan undangan rapat melakukan tinjauan ke lantai 3 yang akan dijadikan sebagai ruangan Galeri Arsip Kesejarahan.

Tampak hadir juga, Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid SDKI Rufa Ayeni, Kepala Dinas Sosial diwakili H Ahmadi, Kepala Disparbudpora diwakili Kasi Cagar Budaya, Permuseuman dan Sejarah Yeni Baiti. ##DISKOMINFOTIK