Senin, 02 Desember 2019 | 17:42:26 WIB | Dibaca : 1955 Kali

Meninggal di Malaka, Malaysia:

Hj Maimanah Umar MA Tutup Usia, Bupati Amril Mukminin Sampaikan Ucapan Duka

Editor : Rufi Ayeni, SH - Reporter : Liza Atina, S.I.Kom - Fotografer :
Hj Maimanah Umar MA Tutup Usia, Bupati Amril Mukminin Sampaikan Ucapan Duka Teks foto: Hj Maimanah Umar MA (Almarhumah)

BENGKALIS - Innalillahi wainna ilaihi roji’un. Riau berduka. Riau kehilangan seorang tokoh perempuan, dan juga tokoh pendidikan.

Hj Maimanah Umar MA (82 tahun), Senin, 2 Desember 2019, sekitar pukul 13.30 WIB atau 14.30 Waktu Malaysia, tutup usia.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) dari Riau 3 periode ini menghadap Sang Khaliq di Rumah Sakit Mahkota Malaka, Malaysia.

Bupati Amril Mukminin yang juga mendapat kabar duka itu, turut berbelasungkawa.

“Baik atas nama pribadi, keluarga, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bengkalis, kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya,” ujar Bupati Amril Mukminin yang memang kenal dekat dengan almarhumah semasa hidupnya.

Kemudian, mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, juga tak lupa mendoakan semoga Hj Maimanah Umar MA berpulang dalam keadaan husnul khotimah.

“Mari sama-sama kita doakan, semoga amal ibadahnya diterima, segala dosa dan salahnya diampuni, serta ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah swt. Semoga husnul khotimah,” ajak dan doanya.

Kepada keluarga yang ditinggalkan, Bupati Amril Mukminin berharap, sabar dan ikhlas menghadapi dan menerima cobaan dari-Nya ini.

Selain itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, utamanya yang pernah bergaul dengan almarhumah semasa hidupnya, Bupati Amril Mukminin berharap dapat memaafkannya dengan tulus, jika dalam pergaulan itu ada silaf dan sesuatu yang kurang berkenan di hati.

Dibenarkan Putra Almarhumah

Kabar meninggalnya perempuan kelahiran 5 Mei 1937 yang juga merupakan pendiri Yayasan Pendidikan Masmur tersebut, dibenarkan putra Kandungnya yang juga Kepala Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau, Muhammad Firdaus.

"Iya, benar informasi itu. Ibunda kami meninggal dunia di Rumah Sakit Mahkota Malaka Malaysia pukul 13.30 WIB," ungkapnya, sebagaimana dikutip dari cakaplah.com.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Riau ini menyampaikan, almarhumah menderita penyakit komplikasi.

"Sakit orang tua, jantung, tekanan darah tinggi. Terakhir ginjal, mungkin karena terlalu banyak minum obat," terangnya.

Ditambahkannya, pihak keluarga sedang berupaya untuk kepulangan jenazah almarhumah ke Pekanbaru, Riau.

“Mungkin besok jenazah baru dimakamkan," tutup Muhammad Firdaus.

Sebagai informasi tambahan, perhatian Hj Maimanah Umar MA dalam dunia pendidikan di Provinsi Riau sangat besar.

Selain pemilik Yayasan Masmur, dan almarhumah juga merupakan salah satu pendiri Institut Agama Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (IAIN Suska) Pekanbaru atau sekarang Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau.

Selain Muhammad Firdaus, salah satu putri beliau adalah Misharti yang saat ini menjabat sebagai anggota DPD RI, serta Maryenik menjabat sebagai Bendahara DPD I Partai Golkar Riau. #DISKOMINFOTIK