Ahad, 01 Desember 2019 | 13:04:41 WIB | Dibaca : 256 Kali

Sempena Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55

Satu Kelurahan dan Enam Desa Deklarasi Stop BABS

Editor : Adisutrisno, SE - Reporter : Rahman, S.PdI - Fotografer : Rahman, S.PdI
Satu Kelurahan dan Enam Desa Deklarasi Stop BABS Teks foto: satu kelurahan dan enam desa yang tersebar di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir, dan Talang Muandau, Ahad 1 Desember 2019, mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

MANDAU – Sebanyak satu kelurahan dan enam desa yang tersebar di Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir, dan Talang Muandau, Ahad 1 Desember 2019, mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Deklarasi Stop BABS dari satu kelurahan dan enam desa ini dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tingkat Kabupaten Bengkalis yang digelar di Lapangan Bundaran Jalan Mawar, Duri, Kecamatan Mandau.

Kelurahan dan desa terserbut yakni, Kelurahan Balai Raja, Desa Pinggir, Desa Harapan Baru, Desa Kesumbo Ampai, Desa Air Kulim, desa Serai Wangi dan Desa Beringin. Masing-masing utusan secara bersama membacakan deklarasi di hadapan Bupati Bengkalis yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan dan Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis dr Ersan Saputra.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis, Ersan Saputra, deklarasi ini menjadi penanda perubahan perilaku dan komitmen warga kelurahan dan desa untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasan buang air besar sembarangan.

Adapun bunyi deklarasi Stop BABS, sebagai berikut

Kami masyarakat di seluruh Kelurahan Balai Raja, Desa Pinggir, Desa Harapan Baru, Desa Kesumbo Ampai, Desa Air Kulim, Desa Serai Wangi dan Desa Beringin, menyatakan bahwa.

Pertama, Prilaku buang air besar sembarangan tempat merupakan perbuatan tercela. Perbuatan tersebut tidak hanya merugikan bari mereka yang melakukan juga merugikan keluarga dan orang lain.

Kedua, sejak saat ini dan seterusnya, kami tidak akan melakukan buang air besar sembarangan tempat dan tidak akan membiarkan orang lain melakukan di wilayah kami.

Ketiga, kami menyadari bahwa untuk meningkatkan kesehatan merupakan tanggung jawab kami juga. Untuk itu kami akan senantiasa melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan.

Keempat, kami percaya terhadpa semangat dan kemampuan yang kami miliki, sehingga kami siap menjadi contoh bagi siapapun.

Kelima, semoga tekad kami mendapatkan kemudahan dan rido dari Allah SWt.

Setelah membacakan deklarasi, masing-masing utusan membubuhkan tanda tangan komitmen bersama Stop BABS. #DISKOMINFOTIK