Senin, 25 November 2019 | 14:29:12 WIB | Dibaca : 457 Kali

Hari Pertama, Sejumlah Peserta Bengkalis Mulai Ikuti Penyisihan Perlombaan MTQ

Hari Pertama, Sejumlah Peserta Bengkalis Mulai Ikuti Penyisihan Perlombaan MTQ Teks foto: Peserta kafilah Bengkalis cabang Syarhil putra ketika tampil.

BANGKINANG - Setelah di Buka secara resmi oleh Gubernur Riau, di hari pertama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Kampar digelar. Sejumlah peserta Kafilah Kabupaten Bengkalis mengikuti babak penyisihan di seluruh cabang yang diperlombakan, Senin, 25 November 2019.

“Peserta kita sudah ada yang mengikuti perlombaan dari cabang yang diperlombakan.seperti Cabang Fahmil (putra-putri), Syarhil (putra-putri), Khattil Qur'an golongan dekorasi (putra-putri) dan hiasan mushaf  (putra-putri) dan Cabang MMQ (putra-putri) serta Cabang Tafsir golongan Bahasa Arab (putra),” tutur Ketua Official Bengkalis, Zulkarnaen.

Selain itu, Cabang Tilawatil Qur'an golongan tartil (putra-putri) dan golongan qira'at mujawwad remaja (putra-putri), Tahfidz Qur'an 1 juz dan tilawah, 5 juz, 10 juz  dan 20 juz (putra-putri) dan cabang hadits golongan 100 hadits dengan sanad (putra-putri) juga dimulai.

“Kesemua perlombaan itu sudah dan sedang diikuti duta-duta Bengkalis di sejumlah venue yang telah ditetapkan panitia MTQ Provinsi Riau tahun 2019 ini,” ucapnya.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Bengkalis ini menjelaskan bahwa lokasi perlombaan ada 11 tempat. Fahmil diselenggarakan di Ponpes Darun Nahdha, Syarhil di Gedung Mahligai Bungsu dan MMQ di Stanum, Cabang Hadits di Masjid Baitus Salihin.

Khatt Qur’an di Gedung Guru, Hifdzil 1 dan 5 juz tilawah di Masjid Ar Rahmah Pandopo, 10 dan 20 juz di Masjid Al Muhsinin. Sedangkan untuk cabang Tilawah golongan tartil diselenggarakan di Masjid Al Hidayah dan golongan qira'at mujawwad remaja di Masjid Al Ikhsan Markas Islami, Tafsir Bahasa Arab di Masjid Al Kiram. 

“Malam nanti (Senin), peserta kita juga akan tampil untuk golonan tilawah dewasa di Astaka Utama MTQ, yang sebeulmnya pada pagi hari tadi juga telah diselenggarakan golongan tilawah anak-anak dan siangnya tilawah remaja,” sebut Zulkarnaen.

Ia juga tetap berharap seluruh perlombaan yang diikuti kafilah Bengkalis dapat terselenggara dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.#DISKOMINFOTIK