Sabtu, 17 Agustus 2019 | 2:06:50 WIB | Dibaca : 210 Kali

Dandim 0303/Bengkalis Inspektur Upcara:

Bupati Amril Mukminin Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kesuma Kesatria

Bupati Amril Mukminin Ikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kesuma Kesatria Teks foto: Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kesuma Kesatria, sabtu, 17 Agustus 2019

BENGKALIS – Sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI), Sabtu, 17 Agustus 2019, sekitar pukul 00.00 WIB, Pejabat Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar apel kehormatan dan renungan suci.

Gelar apel kehormatan dan renungan suci yang diadakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Kesatria Bengkalis di jalan Pramuka Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis ini, berlangsung hikmat.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto bertindak sebagai inspektur upacara.

Di lokasi, dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut turut hadir Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Kajari Bengkalis Heru Winoto, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY, Kasdim 0303/Bengkalis Mayor Inf Dedyk Wahyu, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis Fadhillah Al Mausuly.

Pada kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut, serangkaian acara dilakukan, seperti pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci, penyalaan obor dan pembacaan doa.

Semua itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa para pahlawan kesuma bangsa yang telah gugur mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari penjajahan bangsa asing. Baik itu pahlawan angkatan bersenjata, pejuang rakyat maupun tidak dikenal. Khususnya yang dimakamkan di TMP Kesuma Kesatria.

Tepat Pukul 00.00 WIB

Dengan diterangi cahaya obor di kanan dan kiri serta sebuah senter kecil, tepat pukul 00.00 WIB, selaku inspektur upacara Dandim 0303/Bengkalis membaca naskah apel kehormatan dan renungan suci.

Adapun isi lengkap naskah apel kehormatan dan renungan suci yang dibacakan Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto sebagai berikut:

Kami yang hadir pada hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2019, pukul 00.00 WIB untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 31 orang, pejuang rakyat 14 orang dan pahlawan tak dikenal 1 orang.

Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian bangsa dan negara.

Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga.

Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat yang sewajarnya.”

Dandim 0303/Bengkalis membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci tersebut atas nama yang hadir dalam upacara tersebut.

Selain anggota TNI dan Polri, adapun peserta apel kehormatan dan renungan suci tersebut adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan pejabat Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kemudian anggota Pramuka dari Kwartir Cabang 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis serta kurang lebih 30 personil Korsik Satpol PP Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK#